Laboratorium Perpetaan

Laboratorium perpetaan merupakan salah satu laboratorium yang terdapat di Program Studi Perencanaan Wilayah Dan Kota Universitas Islam Bandung, dimana Laboratorium Perpetaan Sendiri mulai berjalan sekitar tahun 2000.

Laboratorium perpetaan memiliki struktur sebagai berikut :

Kepala Seksi Laboratorium : Irland Fardani.,S.Si.,MT

Asisten Labortorium :

  1. Ade Putra Siregar.,ST
  2. Agi Septiana.,ST
  3. Reza Sahrizal.,ST
  4. M Ginanjar Nugraha.,ST
  5. M Reza Budiman
  6. Tengku Gema Ramadhan
  7. Aura Aulia Rahmah
  8. Mutiara Ramadhani
  9. Rifaldi
  10. Hilmi

Visi misi dari Laboratorium Perpetaan adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi keteknikan yang islami dan terkemuka serta menyelenggarakan TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI bermutu tinggi yang ISLAMI, dan bermanfaat bagi KESEJAHTERAAN BANGSA & NEGARA

Diharapkan Mahasiswa Mempunyai  Keahlian dalam Bidang Pemetaan berbasis Teknologi seperti :

  1. Pengoperasian GPS
  2. Pengoperasian Theodolit
  3. Pengoperasian Software Pemetaan
  4. Pengoperasian Drone, dll

Prosedur Praktikum

Laboatorium Perpetaan terselenggara pada Semester 2 yaitu  Geospasial dengan dosen Irland Fardani.,S.Si.,MT sebanyak 3 SKS, dan pada Semester 2 yaitu Mata Kuliah Sistem Informasi Perencanaan (SIP) dengan dosen Syamsul Bachri.,Ir. M.Eng, Ph.D dan Irland Fardani.,S.Si.,MT  sebanyak 3 SKS, pelaksanaan praktikum dengan tahapan sebagai berikut ;

  1. Pengumuman pembukaan pendaftaran praktikum
  2. Pendaftaran dengan mengisi form online
  3. Pembagian waktu praktikum
  4. Pengarahan praktikum bertujuan untuk memberitahukan peraturan yang terdapat di lab perpetaan selama praktikum berlangsung
  5. Praktikum di selengarakan, efektif pelaksanaan praktikum sebanyak 12 kali pertemuan dengan durasi 1 jam hingga 1 jam 30 menit.

Softwer yang digunakan dalam praktikum perpetaan terdiri dari

  1. Perpetaan/Geospasial : Autocad dan ArcGIS
  2. SIP : ArcGis dan Agisoft

Adapun peraturan terlulis dalam pelaksaan praktikum baik Teknik Presentasi dan Komunikasi Efektif, Perpetaan dan Penginderaan Jarak Jauh, Pengolahan Citra Digital, dan Sistem Informasi Perencanaan,  adalah sebagai berikut:

  • Praktikum Geospasial merupakan praktikum yang dilaksanakan pada semester 2. Praktikum ini ditujukan agar mahasiswa mampu dan memahami bagaimana menggunakan, Autocad dan Pada praktikum ini dijelaskan dasar – dasar pembuatan peta baik dalam AutoCad maupun ArcGis.
  • Praktikum Sistem Informasi Perencanaan (SIP) dan Pengeloahan Citra Digital (PCD) merupakan salah satu praktikum yang diselenggarakan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota di bawah pengawasan Laboratorium Perpetaan, Praktikum SIP yang dilaksanakan pada semester 3. Praktikum SIP ini ditujukan agar mahasiswa bisa mampu dan memahami model analisis untuk kasus-kasus perencanaan, bisa mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil-hasil analisis kedalam bentuk peta dengan menggunakan software argis.