Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota Uncategorized Prodi PWK Unisba Raih Akreditasi “A”

Prodi PWK Unisba Raih Akreditasi “A”

SAMSUNG CSC

HUMAS-Unisba laksana bintang yang kian bersinar. Beberapa Program Studi (Prodi) dalam kurun waktu berdekatan  secara beruntun berhasil meraih predikat tertinggi akreditasi “A”. Kali ini giliran Program Studi (Prodi) Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik yang secara resmi telah berhasil meraih predikat akreditasi tertinggi “A” dengan memperoleh nilai 368. Sebelumnya tiga Prodi dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pun mendapat hasil terbaik akreditasi “A” yakni Prodi Akuntansi, Manajemen, dan Prodi Ilmu Ekonomi. Dengan demikian Unisba kini memiliki 6 (enam) Prodi/Fakultas yang telah berakreditasi “A”, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komunikasi, Prodi Manajemen, Prodi Akuntansi, Prodi Ilmu Ekonomi, dan Prodi PWK.

Syukuran atas diraihnya akreditasi “A” ini dilaksanakan di kampus Unisba, Selasa (22/8) dihadiri Wakil Ketua Yayasan, Ramlan Sasmita, Drs.,M.Pd., Wakil Rektor I, Dr. Ir. Rakhmat Ceha, M.Eng. IPU., Dekan Fak. Teknik, Dr. Nugraha, Ir.,MT., para Dekan di lingkungan Unisba, dan undangan lainnya.

Keberhasilan meraih akreditasi ini tentu tak luput dari kualitas yang semakin membaik yang telah ditunjukkan Perguruan Tinggi Islam ini. Terkait dengan kualitas yang ditunjukkannya, Unisba berhasil menyabet penghargaan tertinggi sebagai Juara I Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) se-Indonesia dari 1600 PTN-PTS (diluar PTNBH). Unisba dinilai sebagai universitas yang bersungguh-sungguh dalam menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal di lingkungan kampusnya. Penghargaan dari Kemenristek Dikti ini diterima Rektor Unisba, Prof.Dr. H. Edi Setiadi,SH.MH., didampingi Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unisba, Dr. Nan Rahminawati,Dra.,M.Pd. di Makassar, belum lama ini.

Prodi PWK Unisba merupakan Prodi PWK pertama yang memiliki peringkat akreditasi “A” dalam jajaran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Ketua Prodi PWK, Dr. Ina Helena Agustina, Ir.,MT. mengungkapkan, selama ini hegemoni peringkat “A” hanya diperoleh PTN seperti ITB, UGM, UNDIP, UNBRAW, ITS, dan UNHAS. Keberhasilan PWK Unisba meraih predikat “A” membuktikan Unisba berhasil memecahkan “rekor” dengan menyejajarkan diri  dengan PTN. Bahkan, ada 3 (tiga) PTN lain yang memiliki Prodi PWK masih berakreditasi “B”, yaitu UNSRAT Menado, UNS Surakarta, dan UIN Alaudin Makassar.

“Keberhasilan ini karena bekerjanya suatu system universe antara kami prodi PWK, dengan institusi dalam hal ini Rektor, Dekanat Fakultas Teknik, Kabag, Direktur Pasca, Yayasan, alumni Kalpataru, dan mahasiswa. Untuk itu saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami,” kata Ka Prodi PWK, Dr. Ina Helena Agustina,Ir.,MT.

Dengan perolehan akreditasi “A” ini, lanjutnya, Prodi PWK bertekad untuk menerima tantangan yang lebih berat, yakni mendapatkan akreditasi tingkat ASEAN, AUN QA (ASEAN University Network) Quality Assurance.

Sementara itu, Prof.Dr. dr. M. Thaufiq S. Boesoirie, MS.,Sp. THT.KL. (K), yang hadir dalam syukuran tersebut mengatakan, diraihnya akreditasi tertinggi oleh Prodi PWK merupakan anugerah Allah SWT. yang patut disyukuri. Prof. Thaufiq menghimbau, sivitas akademika Unisba hendaknya memberi nilai lebih dari akreditasi dengan nila-nilai Islam. “Kita tunjukkan  bahwa Unisba tak sekadar memiliki akreditasi tertinggi “A” tetapi A plus dengan memiliki nilai-nilai Islam yang tak sekadar menjadi motto Unisba selama ini, Mujahid, Mujaddid, Mujtahid,” kata Prof. Thaufiq.(sari/fuad)

Related Posts